Kajian Perdana Lensa Senja

Cirebon, KpiUpdate. Adanya covid-19 menyebabkan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, melaksanakan kuliah online (pembelajaran daring),
dimana hal ini menyebabkan mahasiswa diharuskan untuk online setiap hari khususnya pada jam kuliah, karena sistem ini pula Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) mengadakan rapat diskusi program kerja (proker) maupun diskusi dari setiap divisi yang ada dalam naungan HMJ KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon secara online .

Minggu ini telah dilaksanakan Kajian berbasis online pertama oleh Divisi Lensa Senja. Jum’at, (17/4/2020)

Hal ini juga sangat di dukung oleh Ketua Umum HMJ KPI Deny Aulia F.M. Menurutnya meskipun sekarang pembelajaran dilakukan via online (daring), hal ini tidak menghalangi semangat diskusi agar tetap berjalan meskipun berlangsung via WA Group (WAG).

Kajian perdana ini berlangsung pada hari Jum’at, 17 April
2020 , dimana pemateri dalam kajian ini adalah ketua divisi lensa senja Adam Dava, dengan tema “Mengenal Lebih Dekat Segitiga Exposure Dalam Kamera”

Kajian ini mendapat antusias yang sangat baik dari para peserta diskusi, meskipun dilaksanakan secara online, diskusi dapat berjalan dengan lancar dan sesuai arahan dari moderator Mutiara Rasyid.

Kesimpulan yang di peroleh dari kajian pertama divisi lensa senja adalah sebagai berikut :

Di Segitiga Exposure ini ada 3 elemen dasar dalam fotography yaitu Diafragma, Shutter speed, dan Iso .  Ketiga elemen ini saling terkait dalam mempengaruhi cahaya.

Pertama fungsi Diagfragma utk mengatur intensitas cahaya yg masuk ke kamera. Bentuk nya seperti lubang lingkaran yangg akan mengembang dan menyempit seperti pupil mata. Semakin besar angka diafragma berarti semakin kecil cahaya yg masuk , Diafragma berhubungan dengan DOF (Depth Of Field) untuk mengatur tajam dan blur kamera. 

Kemudian Shutter Speed berfungsi untuk mngatur kecepatan, mempunyai lempengan tipis didepan sensor kamera. Rana akan menutup dan membuka ketika kita akan memotret. Semakin lambat Shutter Speed maka rana akan terbuka lebih lama, otomatis cahaya yg masuk ke kamera akan lebih banyak. begitupun sebaliknya.

Terakhir Iso , iso disini merujuk pada sensitive cahaya. Semakin kecil range Iso maka semakin sedikit cahaya yg dihasilkan. Iso tidak bisa berfungsi apabila kita memotret menggunakan flash.

 Pewarta : Mutiara Rasyid

Posted By : Eva Juniartika H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *