Diskusi Virtual (Fotgrafi Jurnalistik)

KPI Gelar Diskusi Virtual (Fotografi Jurnalistik)

Cirebon, KpiUpdate. Salam KPI, Baru-baru ini Divisi Jurnalistik (DJ) menggelar kegiatan diskusi virtual. Berhubung pandemi covid-19 belum juga usai, kegiatan ini dilakukan secara online melalui media Whatshapp Group (WAG). Jum’at (24/4/2020)

Diskusi ini telah berlangsung pada Jum’at 24 April 2020. Diskusi Virtual ini mengusung tema “Fotografi Jurnalistik” , dengan pemateri diskusi Muslikha Ayu dan moderator Dini Amalia. Kegiatan ini diikuti anggota divisi jurnalistik dan beberapa mahasiswa KPI lainnya.

Kegiatan ini sangat didukung dan diapresiasi dengan baik oleh Ketua Jurusan KPI, Bapak H. Aan Moh. Burhanuddin, M.A , hal ini disampaikan langsung oleh beliau terkait manfaat dari adanya kegiatan diskusi virtual tersebut.

Bapak sampaikan apresiasi yang tinggi kepada ketua HMJ dan Divisi Jurnalistik (DJ) , atas dedikasi dan kinerjanya dalam mengharumkan nama jurusan dan hmj dengan aktif dan kreatif menyelenggarakan kajian diskusi rutin demi meningkatkan wawasan pengetahian serta keahlian dibidang jurnalistik.” ujar Ketua Jurusan KPI.

Walaupun pandemi global covid-19 ini, masih berlangsung dan kita tidak tahu kapan berakhirnya, semoga Allah secepatnya melenyapkan pandemi covid 19 ini secepat mungkin dari muka bumi ini, semangat dan kreatifitas mahasiswa KPI terutam divisi jurnalistik ini, tidak terkalahkan oleh covid-19, salut buat divisi jurnalistik.

Semoga program yang dilakukan oleh DJ ini mampu menginspirasi divisi lainnya untuk ‘gaspol’ tancap gas dengan menyelenggarakan program-program serupa bahkan lebih baik lagi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Tema Fotografi Jurnalistik ini sangat penting untuk dikuasai baik secara teori dan praktek, oleh mahasiswa KPI karenan sesuai dengan core jurusan. Willingness to write atau kemampuan menulis, baik dalam bentuk artikel, jurnal, atau caption pada photo, dan lainnya, foto jurnalistik ini sudah menjadi trend publikasi dalam dunia jurnalistik dengan menggabungkan komunikasi verbal dan visual (photo dan video). Untuk menghasilkan fotografi jurnalistik yang baik, maka skill fotografi dan skill juranlistik harus dikuasai secara komprehensif, karena dua keahlian menyatu dalam sebuah karya jurnalistik.

Ketua Jurusan KPI juga menambahkan “Kedua skill ini harus terus dilatih agar mahasiswa pandai menulis, terutama kemampuan menggabungkan potografi jurnalistik dengan baik dan memenuhi unsur kebahasaan terutama bahasa jurnalistik yg profesional. Ability to write ini juga harus dikembangkan oleh mahasiswa KPI dalam aktifitas dakwah islamiyah yang persuasif dan egaliter. Kreatifitas dakwah ini harus terus digalakkan dan menemukan elan vitalnya sekarang ini dengan zaman yang serba internet atau internet of things (IoT), sehingga bentuk dakwah harus kreatif dan inovative, sesuai dengan karakteristik mad’u di era ini. Photografi jurnalistik ini, bisa dijadikan media dakwah yang menarik dalam menyebarkan Islam yang rahmatallil’alamin.” begitu ujarnya dalam menanggapi adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh divisi jurnalistik (DJ).

Meskipun dilaksanakan secara online, kegiatan ini tetap berjalan dengan lancar dan mendapat apresiasi yang sangat baik dari peserta diskusi maupun Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Semoga kegiatan ini tetap bisa berlangsung dan diikuti oleh divisi-divisi yang lain. Kegiatan semacam ini menjadi wadah untuk menampung segala aspirasi dan karya dari Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, khususnya mahasiswa KPI.

Tetap semangat berkarya meskipun #dirumahaja. Jadilah penerus generasi bangsa yang Aktif, Kreatif dan Inovatif. #SalamKPI

Ethical,Innovate,Excellent

Pewarta : Deny Aulia F.M

Posted By : Eva Juniartika H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *