Urgensi Retorika dalam Komunikasi

Retorika menurut KBBI adalah keterampilan berbahasa secara efektif. Pengertian tambahan retorika menurut beberapa ahli yaitu :

  • Menurut Richard E. Young cs, retorika ialah ilmu yang mengajarkan bagaimana kita menggarap masalah wicara-tutur kata secara heiristik, epistomologi untuk membina saling pengertian dan kerjasama.
  • Menurut Aristoteles, retorika adalah the facult of seeing in any situation the available means of persuasion yang artinya kemampuan untuk melihat perangkat alat yang tersedia untuk mempersuasi.
  • Menurut Plato, retorika merupakan seni bertutur untuk memaparkan kebenaran, retorika yang tidak memandang kemanfaatan dan kebenaran bukanlah retorika. (Syafi’ie, 1988 : 1)

Jadi yang dimaksud dengan retorika adalah yaitu ilmu yang mengajarkan bagaimana cara bicara yang tepat dalam berkomunikasi agar tujuan yang kita kehendaki tercapai. Kesenian berbicara ini bukan hanya berarti lancar, tetapi juga harus efektif dan efisien.

Hubungan antara Retorika dengan Komunikasi
Retorika adalah seni berbicara dan bicara adalah jenis komunikasi yang paling sering dilakukan. Komunikasi dalam konteks ini adalah suatu proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan, sehingga komunikan mengerti apa yang dimaksudkan dan apa yang diinginkan oleh komunikator.

Contohnya ketika seorang guru menyampaikan informasi kepada muridnya, seorang guru harus bisa mengkomunikasikan isi pesannya, jadi seorang guru harus memahami pola komunikasi yang digunakan dalam menyampaikan isi pesannya dan pola komunikasi itu terlihat dari objek yang akan menyimaknya. Hal ini penting agar terjadi komunikasi yang efektif. Jadi, Retorika adalah bagian penting dari komunikasi dan komunikasi adalah bagian dari retorika.

Oleh : Neneng Siti Solehah (KPI 2 A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *