Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama Ikuti Webinar Komunikasi Islam ASKOPIS Jawa Barat

KPI Update – Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengikuti Web Seminar Komunikasi Islam yang diselenggarakan secara virtual oleh Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Provinsi Jawa Barat Rabu (17/06/2020) .

Acara yang bertajuk “Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Jawa Barat dalam Perspektif Komunikasi Islam” dilaksanakan sebagai ruang dialog dalam merespon fenomena aktual di masa pandemi covid-19.

Selain itu, hadir menyampaikan tausyiah, Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag selaku Ketua Prodi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara dipandu oleh Dr. Uwes Fatoni, M.Ag selaku Sekretaris Produ KPI UIN Bandung.

Acara ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai kalangan mulai dari dosen, pemerhati media, praktisi media dan mahasiswa komunikasi melalui zoom meeting.

Ketua DPD ASKOPIS Jawa Barat, Dr. H. Mukhlis Aliyudin, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan webinar dilaksanakan sebagai salah satu ruang komunikasi virtual sekaligus silaturahmi antara pengurus Prodi KPI di Jawa Barat.

Kita patut bersyukur, di masa pandemi ini masih bisa bersilaturahmi walaupun melalui ruang virtual ini“, ungkapnya.

Mukhlis menyampaikan pentingnya kekuatan kebersamaan sebagai fondasi dalam melewati masa krisis pandemi ini.

Ketua DPP ASKOPIS, Dr. Mohammad Zamroni, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada DPD ASKOPIS Jawa Barat yang telah menginisiasi kegiatan ini.

Kami sampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi atas kinerja dan inisiatif dari DPD, Sehingga menguatkan keberadaan ASKOPIS“, ungkapnya.

Acara tersebut menghadirkan Dr. Moch. Fakhruroji, M.Ag dan Dr. Aep Wahyudin, M.Ag selaku narasumber utama. Kedunya menyampaikan perspektif komunikasi Islam mengenai era baru kehidupan di tengah pandemi covid-19.

Keberadaan teknologi digital turut membantu aktivitas kita di tengah pandemi ini“, ungkap Fakhruroji.

Migrasi kehidupan manusia menuju era digital adalah sebuah keniscayaan yang mesti dimanfaatkan untuk kegiatan positif“, tambah Aep.

Dalam kesempatan acara halal bi halal dan webinar ini, Ketua Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H. Aan Mohamad Burhanudin, MA, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat positif dalam menguatkan tali silaturahmi antar anggota Askopis di Jawa Barat, dan juga menjadi wahana penguatan ilmu komunikasi islam yang menjadi maincore jurusan KPI.


Komunikasi islam harus berperan aktif dalam mencegah dan mampu meluruskan pengaruh negatif dari konstalasi dunia yang serba internet dan serba digital dalam semua aspek. Kita perlu memformulasikan Komunikasi Islam menjadi Paradigma utama dalam memberikan guidence arus Komunikasi mainstream, terutama dimasa pandemi ini dan masa new normal“, ungkapnya

#SalamKPI

Ethical, Innovate, Excellent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *