Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon Adakan Seminar Nasional , dengan tema”Solusi Strategis Menuju Peradaban Baru di Era Next Normal”

Cirebon – KPIUpdate, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) , Fkultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mengadakan seminar online nasional yang mengusung tema Membumikan Komunikasi Islam di Indonesia : “Solusi Strategis Menuju Peradaban Baru di Era Next Normal” pada Rabu, (15/07/2020).

Perkembangan komunikasi di tengah pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia yang memiliki tantangan baru. Tentunya dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi era new normal seperti sekarang ini diperlukan ilmu tambahan sebagai gambaran kedepan akan seperti apa dan langkah apa saja yang harus diambil. Oleh karena itu Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menyelenggarakan seminar nasional online dengan mengusung tema “Membumikan Komunikasi Islam di Indonesia: Solusi Strategis Menuju Peradaban Baru di Era Next Normal”. Yang telah diadakan pada hari Rabu, 15 Juli 2020, pukul 14.30-17.00 WIB.

Kegiatan seminar online nasional ini dibatasi hanya untuk 100 peserta saja, dengan fasilitas mendapat free e-sertifikat. Karena masih dalam masa pandemi covid-19, maka acara dilakukan secara online melalui aplikasi zoom dan ditayangkan secara langsung (live) pada channel youtube KPI SNJ Cirebon.

Acara tersebut diawali dengan lantunan ayat suci al-Qur’an dan Do’a. Pembukaan pada seminar diawali oleh H. Aan Mohammad Burhanudin. MA, selaku ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Beliau berharap dengan adanya Seminar Online Nasional ini dapat menciptakan informasi serta memenuhi tuntutan pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi Komunikasi dan Informasi, serta Sosial Budaya untuk pengembangan Komunikasi Islam di Indonesia. Setelah itu, acara dibuka secara resmi oleh Dr. Hajam. M. Ag, selaku Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD).

Dalam seminar tersebut di isi oleh tiga narasumber yang sangat expert di bidang komunikasi Islam, diantaranya adalah Prof. Andi faisal Bakti, M.A. Ph.D, Dr. Harjani Hefni. Lc. M.A, dan Dr. Mohamad Zamroni, M.Si.

Menurut salah satu narasumber yaitu Dr. Harjani Hefni. Lc. M.A. beliau mengatakan bahwa

Komunkasi Islam dapat memberikan solusi di masa yang akan datang. “Menaruh harapan dan memberikan solusi dalam Komunikasi Islam, serta kontribusi besar di masa yang akan datang dan prosepeknya yang sangat baik dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

Sedangkan kontruksi komunikasi Islam kedepan menurut Dr. muhammad Zamroni. M.Si. beliau memaparkan bahwa

Eksistensi komunikasi Islam dari sisi upaya untuk merebut dominasi komunikasi dan penyiaran media massa yan dikuasai oleh Barat, serta Kommunikasi Islam mampu mengolah pesan sesuai dengan konteks yang tepat sehingga Islam akan mampu tetap relevan dalam kehidupan masyarakat.

Saat acara berlangsung peserta sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan oleh para narasumber. Khususnya mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang turut memberikan respon positif dengan berkomentar saat Live berlangsung di laman Youtube Jurusan KPI.

Tujuan diadakannya Seminar Online Nasional tersebut adalah agar kita memiliki gambaran kedepan mengenai kesiapan dalam menghadapi perkembangan zaman di bidang Komunikasi Islam khususnya di era new normal. Serta mencoba mewujudkan komunikasi profetik zaman nabi yang berbasis Al-quran dan Hadits dalam bentuk yang lebih kekinian dan ke-Indonesiaan, sehingga pada saatnya nanti komunikasi islam bisa membumi di bumi kita tercinta Indonesia.

Link youtube acara seminar online nasional : http://www.youtube.com/watch?v=oA2LfZ6KKWk

Narasumber : Rubae’atul Adawiyah

Posted By : Bidang Kominfo HMJ KPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *