HMJ KPI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON GELAR ACARA UPGRADING SECARA TATAP MUKA

KPINews – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunkasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon , menggelar acara Upgrading HMJ Tahun 2020 secara tatap muka (dengan mengikuti protocol kesehatan) yang dilaksanakan di Auditorium FUAD pada hari Selasa, (05/07/2020).

Beberapa protocol kesehatan juga diterapkan pada acara ini seperti penggunaan masker, menjaga jarak, pembatasan jumlah peserta, dan cuci tangan atau pemberian handsanitizer untuk para peserta sebelum memasuki ruang acara.

Pemberian handsanitizer kepada peserta

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan KPI Bapak Aan Mohamad Burhanudin, M.A, Sekretaris Jurusan KPI Ibu Asriyanti Rosmalina, Ketua HMJ KPI Deny Aulia F.M, Pemateri acara yaitu Erwin Ernawan dan moderator Arinda Nurfajriyanti Kho, serta dihadiri oleh sebagian pengurus HMJ KPI tahun 2020.

Pembukaan acara dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB dan dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan KPI, Bapak Aan Mohamad Burhaudin, M.A. yang Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana acara yaitu saudara A.F Rizal.

Pada acara upgrading tahun ini HMJ KPI mengusung tema “Berintegrasi Dalam Meningkatkan Kinerja Kepengurusan HMJ KPI Di Tegah Pandemi”, dimana ketua pelaksana mengusulkan tema tersebut dengan alasan agar terjadinya pembaruan sistem atau proses penyesuaian program kerja dalam keadaan pandemic covid-19. Kedepannya para pengurus diharapkan lebih focus dan maksimal dalam pelaksanaan program kerja dari setiap bidang baik yang sudah terlaksana maupun yang belum dilaksanakan.

Ini adalah moment yang sangat penting untuk kita bisa mengevaluasi, memperbaiki, meningkatkan kinerja dan proker (program kerja) kita yang sudah terlaksana maupun yang belum, untuk itu pentingnya kita untuk saling meningkatkan mutu kerja kita terhadap organisasi yang kita tekuni. Semoga apa yang kita kerjakan selama ini bisa bermanfaat untuk diri kita maupun orang lain, dan semoga pada acara kali ini bisa menambah rasa solidaritas antar pengurus, mempererat kasih dan sayang antar pengurus dan api semangat yang tidak pernah padam. Ujar Rizal selaku ketua pelaksana

Pemateri Acara

Selanjutnya inti pembahasan mengenai tema yang dipakai dalam acara Upgrading HMJ tahun 2020, Erwin selaku pemateri mengulas sedikit mengenai Kepemimpinan dalam organisasi.

Kepemimpinan dan Pemimpin adalah dua hal yang berbeda. Kepemimpinan adalah suatu aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar dapat diarahkan dalam mencapai suatu tujuan tertentu, sedangkan pemimpin adalah suatu peran seseorang dalam suatu organisasi atau kelompok tertentu. Ujarnya

Ki Hajar Dewantara mengenalkan tiga prinsip kepemimpinan, yaitu : Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Prinsip itu memiliki arti :

  1. Ing Ngarsa Sung Tuladha, seorang pemimpin harus bisa memberi teladan atau contoh, harus berada didepan jika organisasi/kelompoknya sedang dalam kesulitan.
  2. Ing Madya Mangun Karsa, seorang pemimpin yang berada ditengah-tengah. Yaitu pemimpin yang bisa memberikan ide, membantu membuat strategi serta hal lainnya yang dapat menstimulus anggotanya.
  3. Tut Wuri Handayani, seorang pemimpin yang bisa memberikan dorongan arahan, yang dapat memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk dapat aktif berkontribusi.

Selain itu, pemantik juga menuturkan bahwa

Mempunyai rasa tanggung jawab terhadap organisasi dapat meningkatkan solidaritas dan kekompakan di dalamnya”. Tutup Erwin.

Meskipun masih dalam masa pandemic, para pengurus HMJ dan panitia pelaksana acara terlihat sangat semangat dan antusias. Mengingat ini adalah acara perdana yang dilaksanakan oleh HMJ KPI secara tatap muka, setelah sebelumnya terus dilakukan secara online.

Semoga dengan adanya acara Upgrading, dapat memberikan dorongan untuk para pengurus agar terus kompak dan bersemangat dalam melaksanakan program kerjanya sehingga dapat mewujudkan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam menjadi yang lebih unggul dalam kreatifitas maupun prestasi mahasiswanya.

#SalamKPI

Ethical, Innovate, Excellent

Posted By : Bidang Kominfo HMJ KPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *