IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar acara PBAK secara online

Cirebon – Sekitar 1.3rb mahasiswa baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon ikuti acara PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) dengan tema “Mewujudkan Generasi Unggul (Excellent Generation)” yang di gelar secara online, melalui live channel youtube kampus. Senin, (21/9/2020)

Acara PBAK disiarkan secara live sejak pukul 08.00 WIB, bertempat di Auditorium FITK Lt.5. Yang dihadiri oleh jajaran petinggi kampus seperti Rektor, Dekan, Dosen dan perwakilan dari lembaga organisasi mahasiswa yang ada di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Adanya PBAK online dikarenakan seluruh kegiatan kampus harus dilaksanakan secara non-tatap muka sebab mengantisipasi adanya penyebaran covid-19.

Acara PBAK online di isi oleh sambutan dari Rektor IAIN Dr. H. Sumanta, M.Ag. , Ketua Kemenag RI Rachman Basori, Dekan, dan perwakilan mahasiswa dari SEMA & DEMA Institut.

Meskipun digelar secara online Mahasiswa baru tetap antusias mengikuti PBAK ini meskipun dilaksanakan secara daring.

“Menurut saya, PBAK tahun ini berjalan dengan lancar walaupun dilakukan secara daring atau online, karena panitia sudah merangkai acara dengan baik. Namun karena kegiatan PBAK dilakukan secara online maka kita sebagai maba tidak bisa merasakan bagaimana keseruan dan kebersamaan bersama teman-teman baru, bahkan kita tidak bisa mengenal budaya akademik di kampus secara langsung.” Tutur Fatikha (maba) dari jurusan BKI saat diwawancarai melalui whatsapp oleh tim berita KPI.

Karena dilaksanakan secara online beberapa keluhan teknis muncul, seperti gangguang jaringan, gangguan pada aplikasi yang digunakan, banyak di keluhkan oleh para peserta PBAK.

Hal ini dituturkan juga oleh salah satu fasilitator PBAK dari jurusan KPI, Kadadi

“Mungkin kendalanya ada sama jaringan, kadang keluar masuk zoom sendiri. Sma maba” yg pertama kali make aplikasi zoom. Jadi ada aja yg blum tau cara gabungnya. Kurang lebih itu sih mba” , ujarnya saat di wawancarai via whatsapp.

Sebelum acara berakhir mahasiswa baru dikenalkan dengan berbagai macam organisasi maupun kegiatan yang bisa diikuti oleh mahasiswa seperti : Badan Eksekutif Mahasiswa (SEMA & DEMA), ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) ,Unit Kegiatan mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus (UKK), dan masih banyak lagi. (Tim Berita KPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *