Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Divisi Sosdak Gelar Acara Tabligh Akbar

Cirebon – Divisi Sosial Dakwah (sosdak) jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) gelar acara Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional, acara ini digelar secara offline pada Senin (2/11/2020).

Acara ini berlangsung di Auditorium Fuad lantai 4, dimulai sejak pukul 08.00 WIB . Acara   ini merupakan salah satu acara tahunan yang rutin di adakan oleh divisi sosdak. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional tema yang diambil adalah ” Menjadi santri milenial yang meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW” .

Selanjutnya acara ini dihadiri oleh ketua jurusan (kajur) KPI H. Aan Burhanudin, M.A , sekretaris jurusan (sekjur) Asriyanti Rosmalina, ketua HMJ KPI Deni AFM dan ketua divisi sosdak Asep Musfik. Serta dihadiri pula oleh beberapa mahasiswa/i IAIN Syekh Nurjati yang datang langsung ke lokasi acara.

panitia acara

Pada tabligh akbar tahun ini divisi sosdak  mendatangkan pemateri atau bintang tamu yaitu Ustadz Subhan Baihaqi, yang merupakan alumnus dari jurusan KPI. Serta dimeriahkan juga oleh Hadroh Syauqo Qolbain dari Cirebon, yang dipimpin oleh alunan suara merdu Munsyid M. Al Ajroni.

Dalam mengisi acara tersebut Ustadz Subhan Baihaqi menyampaikan sebuah materi yang isinya mengenai Akhlak Nabi yang lembut. Salah satu contohnya Nabi Muhammad SAW merupakan orang pertama yang menjenguk orang yahudi ketika sakit. Padahal orang yahudi adalah orang yang  selalu bersikap jahat kepada beliau. Hal ini tentu dapat kita implementasikan juga dalam kehidupan sehari-hari.

penyerahan sertifikat kepada pemateri

Selain itu acara ini juga diisi oleh penampilan Hadroh Syauqo Qolbain dari Cirebon, yang diikuti juga oleh seluruh peserta dalam melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Meskipun acara ini dilakukan secara offline namun panitia juga menayangkan secara live melalui zoom meeting, karena masih dalam masa pandemic maka peserta yang hadir dalam acara tersebut juga dibatasi.

“Meskipun banyak peserta yang mengikuti acara secara virtual, namun antusiasme dari mereka begitu amat tarasa”, ujar Kadadi selaku panitia acara.

Kadadi juga menyampaikan “tujuan utama dari acara ini yakni meningkatkan kuliatas mahasiswa/i , bukan hanya sekedar cerdas intelektual melainkan harus diimbangi dengan akhlakul karimah yang baik dengan meneladani serta mencoba mengaplikasikan akhlak Nabi dalam kehidupan sehari-hari”, tuturnya saat di hubungi via whatsapp.  (E.J.H)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *