Hati-Hati Kebiasaan Berikut Bikin Puasa Tidak Sehat dan Aman

Website Resmi HMJ KPI

4 Kunjungan

First

Telah kita ketahui bahwasannya ketika berpuasa tubuh akan menjadi sedikit kekurangan cairan. Tidak sedikit dari kita akan merasa haus, lemes, lelah selama siang hari saat puasa. Wajar gak sih? Tentu saja wajar, karena tubuh tidak mendapatkan asupan air dan nutrisi selama siang hari. Lalu apakah hal tersebut menjadi masalah?

 

Yang menjadi masalah adalah cara kita mengatasi respons tersebut. Tidak sedikit yang memilih rebahan (tidur) seharian untuk nge-cheat waktu supaya cepat maghrib. Padahal, menurut penelitian dari Canadian Sleep Journal, cara tersebut justru bikin badan makin tidak enak dan mudah meriang.

 

Berhubung kita tidak bisa minum saat siang hari, berarti siasati minum di antara berbuka dan sahur. Bagaimana caranya?

1. Pilihlah jenis makanan yg mengandung banyak air

Prinsipnya, selama kebutuhan cairan kita per hari terpenuhi, kita tidak akan mudah haus selama puasa, akan tetapi kita harus tahu terlebih dahulu kebutuhan cairan perharinya berapa.

https://www.google.com/search?q=berapa+banyak+air+yang+harus+kita+minum+dalam+sehari&safe=strict&sxsrf=ALeKk03u9hW_F98ypRfOdGd9LWhULDes7Q:1618467598687&source=lnm

Lalu, bagaimana waktu yang tepat untuk minum saat puasa?

Satu gelas setelah bangun tidur, satu gelas sebelum sahur, satu gelas kelar makan sahur, satu gelas kelar adzan maghrib, satu gelas sebelum makan berbuka, satu gelas kelar makan berbuka, satu gelas kelar isya/tarawih, satu geals satu jam sebelum tidur.

 

3. Kurangi makan makanan asin saat sahur

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat membuat tenggorokan cepat dehidrasi. Karena pengeluaran garam akan dibarengi oleh pengeluaran air, sehingga akan mudah buang air kecil. Sehingga, penurunan jumlah cairan intravaskular dapat mengakibatkan menurunnya tekanan darah.

 

4. Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Kenapa harus karbohidra kompleks? Karena karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat memberikan energi maksimal dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain, beras merah, gandung, kentang, jagung, dll.

 

5. Hindari tidur sehabis sahur

Maksudnya bukan tidak boleh tidur sehabis melaksanakan sahur. Akan tetapi, tubuh mencerna makanan sekitar 2-4 jam setelah makan. Langsung tidur setelah makan, akan menyebabkan tekanan di dalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Jika ini terjadi terus-menerus, dapat menimbulkan penyakit asam lambung (GERD). Itulah mengapa ketika kita bangun perut terasa mual.

 

Semoga bermanfaat 🙂

Sc: Twitter @afkrml

Nisa Oktaviani

 

 

Share post

BERITA TERKAIT

Berita yang serupa dengan yang anda baca

news-photo-1

Cara Membedakan “di” sebagai Imbuhan dan “di” sebagai Preposisi

Selain disebut sebagai bahasa pemersatu bangsa, bahasa Indonesia juga dapat dikatakan sebagai…

May 3, 2021

news-photo-1

Indahnya Berbagi di Bulan Suci Ramadhan

KPI News-Pada bulan Ramadhan tahun ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan…

April 24, 2021

news-photo-1

Bayi Para Nepotis

Hari keduapuluh satu di bulan April. Saya mengistimewakannya, entah kenapa.   Saya…

April 21, 2021