Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan

Website Resmi HMJ KPI

1 Kunjungan

First

Untuk menemani awal puasa ini, Admin mau berbagi sedikit mengenai keutamaan atau keistimewaan di setiap 3 fase pada bulan  ramadhan. Seperti yang kita ketahui, bahwasanya ramadhan ini, mudahnya, dibagi menjadi 3 fase, yaitu,10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari ketiga.

 

Sesuai perintah Allah, yang jelasnya pada Al quran, surah Al Baqarah ayat 183

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

 

Baik, dalam kesempatan ini, yang pertama kita bahas adalah mengenai 10 hari pertama. Di 10 hari pertama ini. tentunya adalah fase yang berat, karena hampir seluruh kebiasaan kita itu berbeda. Yang biasa tidur bangun kesiangan, sekarang harus bangun lebih awal karena untuk makan sahur. Yang biasa pagi-pagi sarapan, sekarang sudah mulai harus menahan hawa nafsu. Lalu apa sih keutamaan di 10 hari pertama pada bulan suci ini.

 

1. Pintu Rahmat

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan, Allah membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang melakukan puasa, dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

 

2. Memberi keberuntungan

Keberuntungan akan didapat oleh orang yang menjalankan puasa di 10 hari pertama Ramadhan. Ia akan selalu dalam lindungan Allah selama bulan Ramadhan serta selalu berada dalam petunjukNya.

 

3. Memperbanyak amal ibadah sunah.

Jangan melewatkan waktu di 10 hari pertama bulan Ramadhan tanpa memperbanyak ibadah sunah. Luangkan waktu untuk bribadah sunah seperti sholat dhuha, sholat rawatib, sholat tarawih, sholat witir, dan membaca Alquran.

 

4. Rajin Membaca Al-Qur’an

Alquran diturunkan pada bulan Ramadhan, sebagai ilmu dan pengetahuan, serta sebagai penunjuk jalan kehidupan. Nah di bulan ini pahala membaca Alquran dilipatgandakan. Membaca Alquran juga bisa mendatangkan ketenangan hati dan rahmat Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ ھُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ

“Itulah Kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Baqarah/2: 2)

 

5. Banyak berdzikir

Dzikir adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan kapanpun dan di manapun tempatnya selama tempat itu suci. Zikir adalah mengingat Allah dan barangsiapa ingin selalu dekat denganNya maka perbanyaklah berzikir. Hati yang senantiasa berzikir akan selalu teringat pada Allah SWT dan dekat denganny

 

6. Shalat Berjamaah

Sholat berjamaah pada bulan puasa perlu diutamakan, terutama bagi kaum pria karena sebagaimana kita ketahui bahwa pria. Sholat berjamaah juga sebagai cara silahturahmi, serta menjaga hubungan baik anatar muslim yang juga merupakan sebuah ibadah.

 

Maka dari itu, mari kita mulai memperbanyak ibadah, mengerjakan kebaikan, mengamalkan perintah-perintahNya.

 

Semangat semuanya, semoga Allah senantiasa selalu memberikan keberkahan untuk kita semua. Aamiin…

 

 

#Salam KPI

#Ethical, Innovative, Excellent

Share post

BERITA TERKAIT

Berita yang serupa dengan yang anda baca

news-photo-1

Cara Membedakan “di” sebagai Imbuhan dan “di” sebagai Preposisi

Selain disebut sebagai bahasa pemersatu bangsa, bahasa Indonesia juga dapat dikatakan sebagai…

May 3, 2021

news-photo-1

Indahnya Berbagi di Bulan Suci Ramadhan

KPI News-Pada bulan Ramadhan tahun ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan…

April 24, 2021

news-photo-1

Bayi Para Nepotis

Hari keduapuluh satu di bulan April. Saya mengistimewakannya, entah kenapa.   Saya…

April 21, 2021