Takjil Populer di Bulan Ramadhan

Website Resmi HMJ KPI

6 Kunjungan

First

Setiap tahun ada bulan yang selalu ditunggu dan dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan itu adalah Bulan Suci Ramadhan, bulan yang di dalamnya penuh dengan berkah, hidayah dan pengampunan. Tak hanya itu bulan Ramadhan juga identik dengan makanan-makanan takjil yang menjadi salah satu ciri khasnya.

 

Di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang membuka usaha kuliner dadakan menjelang Ramadhan tiba. Mulai dari kolak, es buah, aneka minuman segar, aneka gorengan dsb. Kalian mungkin udah nggak asing lagi ya dengan beberapa makanan takjil ini.

 

Tapi kalian tau nggak sih kalo beberapa makanan di bawah ini juga nggak kalah populer lho di dunia pertakjilan. Mana nih yang menjadi makanan favorit kalian saat berbuka? Tulis di kolom komentar ya!!!

 

1. Es / sop Buah

https://pin.it/o6fxcui

Minuman yang satu ini emang udah nggak diragukan lagi ke populerannya, mulai dari awal puasa sampai akhir puasa salah satu menu ini sangat wajib disajikan pada saat berbuka. Perpaduan antara sirup, susu, dan buah-buahan segar, membuat es buah ini sangat cocok untuk melepas dahaga selepas menahan haus seharian.

 

2. Es Cendol

https://pin.it/1e767xK

Salah satu minuman tradisional yang juga populer di dunia pertakjilan, selain rasanya yang manis dan menyegarkan, minuman yang satu ini juga sangat cocok dengan lidah Indonesia. Cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang kemudian disaring dan berbentu memanjang, ditambah rebusan air gula dan santan menjadi perpaduan yang khas.

 

3. Kolak


Merupakan salah satu menu takjil yang sudah tidak asing menjelang ramadhan tiba, banyak para ibu dirumah yang menyajikan menu khas ini, selain enak disantap hangat makanan ini juga bisa disajikan dingin. Selain rasanya yang khas, kolak ini juga salah satu menu takjil yang banyak diburu pada saat berbuka. Kolak sendiri isinya beragam sehingga untuk menyantapnya setiap hari tidak akan terasa bosan, biasanya isian kolak terdiri dari labuh, pisang, kolang-kaling, bijih salak dan masih banyak lagi.

 

4. Gorengan


Makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, entah di bulan Ramadhan ataupun dihari-hari biasa. Gorengan ini sangat cocok disantap ketika berbuka, selain bisa menjadi camilan, gorengan juga bisa menjadi lauk nasi. Gorengan juga ragamnya bervariasi ada yang serba manis ada juga yang serba asin. gorengan yang serba manis diantaranya adalah pisang goreng, ubi dan tape. Sedangkan gorengan yang serba asin diantaranya mendoan, tahu isi, bakwan, tahu crispy / kentucky, aci dan masih banyak lagi.

 

5. Aneka Jajanan Pasar

https://pin.it/15au2UQ

Jajanan pasar ini sangat beragam isinya, saking banyaknya makanan ini juga sangat populer di dunia pertakjilan, mulai dari yang manis hingga yang asin ada semua di dalamnya. Jajanan pasar yang sangat populer diantaranya lemper, lontong isi, pastel, risoles, lumpia, bugis, lapis legit, klepon dan berbagai macam lainnya.

 

6. Pecel Sayur

https://pin.it/vN4TpWj

Mungkin makanan ini terdengar aneh di beberapa daerah, namun di sekitar daerah jawa makanan ini sangat favorit ketika disantap saat berbuka, selain menyehatkan, pecel ini juga sangat cocok dipadukan dengan aneka gorengan. Pecel sayur sendiri terdiri dari sayuran seperti bayem, kangkung, daun kemikir, kacang panjang, kecambah, kembang turi. Biasanya sayuran ini di rebus hingga empuk selanjutnya disiram dengan bumbu sambal kacang yang sangat memanjakan lidah. Pecel sendiri juga memiliki banyak variasi seperti gendar pecel, pecel mie, dan pecel sayur.

 

8. Es Teh

https://pin.it/4wvjPNl

Salah satu minuman yang paling wajib disajikan saat berbuka, selain membuat dahaga terasa segar, minuman ini juga sangat populer dihari-hari biasa. Bahkan banyak orang yang merasa buka puasa kurang afdol jika tidak minum es teh terlebih dahulu.

 

9. Sosis & Bakso Bakar

https://pin.it/4tV9TPa

Menjadi salah satu menu baru yang cukup populer pada saat ini, selain rasanya yang gurih dan pedas, makanan ini juga cocok dimakan saat berbuka karena tergolong makanan ringan, selanjutnya makanan ini juga bisa dimakan bersama nasi hangat.

 

10. Es Kelapa Muda

https://pin.it/4bKLFZp

Yang terakhir minuman yang tak kalah populer adalah es kelapa muda, perpaduan air kelapa segar ditambah serutan kelapa muda yang lembut, disiram susu kental manis dan dilengkapi es sangat cocok disantap saat berbuka. Rasanya itu sangat segar dan nikmat, cocok diminum bersama keluarga.

 

Beberapa makanan dan minuman di atas merupakan jajanan takjil yang cukup poouler di negara Indonesia, meskipun masih banyak aneka makanan dan minuman populer lainnya. Semoga bisa menambah referensi kalian saat berburu takjil sore nanti ya. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

Eva Juniartika

Share post

BERITA TERKAIT

Berita yang serupa dengan yang anda baca

news-photo-1

Cara Membedakan “di” sebagai Imbuhan dan “di” sebagai Preposisi

Selain disebut sebagai bahasa pemersatu bangsa, bahasa Indonesia juga dapat dikatakan sebagai…

May 3, 2021

news-photo-1

Indahnya Berbagi di Bulan Suci Ramadhan

KPI News-Pada bulan Ramadhan tahun ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan…

April 24, 2021

news-photo-1

Bayi Para Nepotis

Hari keduapuluh satu di bulan April. Saya mengistimewakannya, entah kenapa.   Saya…

April 21, 2021